Trik Editing Video Dengan Android.jpg


Mengedit video di android

Cara Edit Video Dengan Android - selamat datang, kali ini saya akan membagikan tutorial editing video menggunakan smartphone android. Trik ini saya buat untuk para pengunjung setia robotijo, khususnya para youtuber.

Terkadang video yang sudah kita rekam ingin kita bagikan lewat media sosial, namun ada kalanya perlu beberapa modifikasi agar lebih bagus. Seorang youtuber misalnya pasti akan melakukan proses edit pada videonya sebelum diunggah ke channel youtube. Sebenarnya untuk mengedit video kita butuh aplikasi yang ada di komputer atau laptop, tetapi sekarang hal tersebut bisa dilakukan dengan android saja.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan sebuah aplikasi android yang dapat kalian gunakan sebagai media edit video. Lalu bagaimana mengedit video youtube dengan android? Silakan baca dengan teliti, cara mudah edit video via android di bawah ini.

Cara Menggunakan PowerDirector Android

Langkah pertama, kita butuh aplikasi yang bernama Cyberlink PowerDirector, kamu bisa download dari google playstore, atau yang mod di bawah.

Cyberlink PowerDirector.apk
Playstore (42 mb) | Upfile Unlocked (42 mb)

Install aplikasinya dan buka. Kemudian untuk memulai pilih create new project atau klik gambar yang ada di atas teks tersebut.

menu PowerDirector.png


Pilih ukuran yang diinginkan, jika video direkam landscape maka pilih yang 16:9 jika potrait pilih ukuran 9:16 dan klik ok.

PowerDirector new project.png


Untuk memilih video tekan ikon kamera, untuk gambar menunya di tengah dan untuk audio ada di simbol suara. Pilih video yang akan di edit, jika ada dalam folder pilih nama foldernya.

PowerDirector android pilih video.png


Setelah masuk folder tempat video, klik pada video yang akan di edit dengan PowerDirector. Tekan tombol + atau tap dan tarik video ke kolom video, simbol play untuk preview video.

PowerDirector menambahkan video.jpg


Setelah memilih video akan otomatis masuk ke kolom video. Untuk edit video, klik video yang telah dimasukkan, lalu klik di ikon pensil maka menu edit akan ditampilkan. (ikon pisau untuk memotong/ slice).

  • Volume (besar kecil suara)
  • Rotate (rotasi video)
  • Colors (Mengubah warna)
  • Speed (Pengaturan kecepatan)
  • Flip (Membalik posisi)
  • Reverse (Memutar dari belakang)
  • Crop (Jarak zoom)
  • Duplicate (Menduplikasi/ menggandakan)

menu edit video PowerDirector.jpg


Jika ingin menambahkan efek warna ke video, pilih tombol fx yang ada di sebelah kiri.

menambahkan efek fx PowerDirector.jpg


Sebagai contoh saya akan menambahkan suara pada video yang saya pilih, klik ikon film dan audio di samping kiri (gambar bawah).

menambahkan audio ke video dengan PowerDirector.jpg


Akan muncul menu seperti sebelumnya, sekarang klik ikon audio maka folder suara akan ditampilkan semua. Pilih folder tempat sound yang diinginkan.

menambahkan audio ke video di PowerDirector.jpg


Pilih musik atau suara yang diinginkan, tekan simbol + untuk menambahkan ke kolom audio atau tap dan tarik ke kolom audio. Simbol play untuk preview mp3. (Untuk menaruh suara di posisi video yang pas, play dulu video lalu pause, baru tambahkan audionya)

menambahkan musik ke video dengan PowerDirector.jpg


Langkah selanjutnya kita akan membuat foto slide dengan PowerDirector, seperti pada program windows movie maker yang ada di komputer. Impor foto dengan klik ikon film dan audio sebelah kiri seperti sebelumnya.

Import file PowerDirector.jpg


Kemudian pilih ikon foto seperti pada gambar di bawah ini, maka folder foto akan muncul.

menambahkan foto di PowerDirector.jpg


Next pilih foto pertama yang akan digunakan sebagai foto slide, klik ikon + untuk menambahkan otomatis atau tap dan drag ke kolom.

menambahkan gambar di PowerDirector.jpg


Sekarang tap dan geser kolom kosong di bawah foto yang telah dimasukkan lalu geser ke kiri hingga garis biru (garis play) ada di akhir foto pertama (lihat gambar), kemudian lakukan langkah impor foto seperti tadi untuk menambah foto kedua.

Membuat foto slide di android.jpg


Untuk menambahkan transisi, tekan kotak kosong yang ada di antara 2 foto yang telah dimasukkan. (Transisi adalah efek yang akan muncul sebelum ganti ke foto berikutnya).

menambahkan transisi di PowerDirector.jpg


Akan tampil menu transisi yang dapat dipilih, seperti memudar, menggulung, scroll dan lain-lain. Klik ikon + untuk menambah otomatis, atau simbol play untuk preview. (Jika ingin menambahkan musik, lakukan langkah impor musik seperti di bagian edit video di atas).

menambah transisi ke foto slide PowerDirector.jpg


Lanjut, menambahkan teks judul dan kredit. Klik kolom kosong yang ada di samping foto yang dimasukkan, lalu geser ke kanan hingga garis biru atau garis play ada di awal. Kemudian klik simbol di atas simbol fx untuk membuka menu teks (gambar bawah)

menambahkan teks di PowerDirector.jpg


Klik simbol T untuk membuka menu teks di PowerDirector android, tersedia berbagai macam title.

menambahkan judul PowerDirector.jpg


Klik ikon + untuk menambah otomatis, atau simbol play untuk preview judul yang dipilih.

menambahkan title di PowerDirector.jpg


Untuk mengedit dan memodifikasi teks, tekan judul yang telah dimasukkan atau kotak hijau dibawah foto.

mengedit judul teks PowerDirector.jpg


Tekan simbol T (title designer) untuk merubah gaya teks menjadi seperti yang diinginkan.

mengatur gaya teks PowerDirector.jpg


Tap pada teks title here untuk mengubah kata-kata default, lalu ganti sesuai keinginan.

Mengubah kata-kata teks PowerDirector.jpg


Langkah terakhir adalah menyimpan dan ekspor video, tekan tombol export yang ada di pojok kanan atas.

menyimpan project PowerDirector.jpg


Jika ingin menyimpan hasil editing tekan save project, jika ingin langsung mengeksport pilih produce video.

Produce video PowerDirector.jpg


Tekan save to gallery or SD Card, pilih HD untuk hasil kualitas terbaik dan SD untuk standard.

Mengekspor hasil editing di PowerDirector.jpg


Menu setting untuk pengaturan sebelum konvert, Save location (tempat penyimpanan), bitrate (standar, low, high), frame rate (kecepatan frame rata-rata).

Pengaturan konvert PowerDirector.png


Klik ok dan tunggu sampai selesai, video otomatis disimpan ke tempat yang telah ditentukan di menu setting. (Hasil konvert akan tampil di gallery).

PowerDirector converting video.png


Sekarang kamu dapat mengedit video dari android jika tidak dapat membuka laptop atau PC di rumah, sangat mudah kan editing video via smartphone?

Baca trik ini juga : Cara memutar film + subtitle di android

Sekian artikel tentang Trik mudah mengedit video di android, mohon maaf jika artikel ini terlalu panjang semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca.