cara-menggunakan-config-kpn-tunnel-revolution.jpg


Cara menjalankan games java di android - sebelum rilis operating system smartphone yang canggih seperti saat ini tentu kita semua sudah lebih dulu mengenal dan menggunakan OS java. Karena zaman dulu hp java dan symbian lah yang populer, tentunya game yang disediakan juga berbasis java dan symbian.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang java games, mari kita cari tau apa sih sistem operasi java itu? Menurut wikipedia Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems tetapi saat ini menjadi bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.

Kalian pasti sudah pernah kan main game-game java seperti Assassin Creeds, Prince Of Persia, Worms? Walaupun secara grafis tidak sebaik game android saat ini namun permainan tersebut sangat populer pada masanya. Kabar gembira bagi kalian yang ingin nostalgia dengan java games, saat ini game java dapat dimainkan di android.

Cara menggunakan J2ME Loader


Bagaimana cara memainkan games java di smartphone? Untuk dapat menjalankan permainan java di android kita membutuhkan aplikasi yang bernama "J2ME loader". Apa itu J2ME loader? J2ME loader (Java 2 Micro Edition) adalah sebuah emulator untuk menjalankan games-games berbasis java baik 2D dan 3D pada OS android. Jika belum punya silakan mengunduhnya lebih dulu.

J2ME Loader Terbaru

j2me-loader-apk

Nama : J2ME Loader
Developer : Play Software
Jenis : Aplikasi
Versi : 1.2.9
Platform : Android 4.0 up
Bahasa :
  • Inggris
  • Indonesia
  • Format : Apk

    J2ME Loader Apk
    Via Google Play | Via Zippyshare

    Install seperti biasa, bila ada notifikasi gagal pastikan android kamu sudah memenuhi syarat OS minimum dan sudah centang pada bagian sumber tidak dikenal/ unknown source di pengaturan hp. Kemudian siapkan games java, bila tidak punya download dulu atau unduh game ini sebagai percobaan.

    Age Of Empire 3 Mobile.jar
    Zippyshare (420 KB)

    Buka aplikasi J2ME, kemudian akan muncul menu games yang masih kosong seperti gambar di bawah ini. Klik tombol plus warna merah untuk mengimpor games.

    j2me-loader-menu.jpg


    Cari file game java berekstensi jar yang sudah kamu download, pilih folder tempat menyimpan file. Misal di penyimpanan internal/ucdownload/files.



    cara-mengimpor-games-j2me-loader.jpg


    J2ME akan otomatis mengkonversi game format jar sebelum dapat dimainkan, silakan tunggu proses loading beberapa saat.

    cara-mengimpor-games-j2me-loader.jpg


    Jika file berhasil dikonversi maka akan ada notifikasi konversi selesai dan game yang dipilih akan muncul di daftar permainan.

    cara-mengimpor-games-j2me-android.jpg


    Klik pada game, kemudian akan muncul menu pengaturan resolusi. Pastikan kamu mengatur resolusi dengan benar sesuai resolusi games yang didownload agar tampilan game pas di layar hp kamu, contoh age of empire 3 yang saya download beresolusi 352x416 maka atur juga di j2me menjadi 352x416. Jika tampilan aneh bisa kamu tukar resolusinya menjadi sebaliknya yaitu 416x352. Selanjutnya klik mulai di atas menu untuk memulai permainan.

    cara-mengatur-resolusi-games-j2me-loader.jpg


    Game akan terbuka


    J2me-age-of-empire-3.jpg


    Untuk sticknya kalian bisa menggunakan tombol virtual keypad angka atau keypad arah yang ada di sebelah kanan.

    j2me-age-of-empire-3.jpg


    Keterangan fungsi-fungsi tombol J2ME :

    • D dan C atau L R (memilih menu pojok kanan kiri)
    • 5 dan F (Yes / Ok)
    • 1 dan 3 atau arah pojok kanan kiri atas (menggerakkan karakter ke pojok kiri kanan atas)
    • 2 dan 8 atau atas bawah (memilih menu atas bawah atau menggerakkan karakter ke atas dan ke bawah)
    • 7 dan 9 atau arah pojok kanan kiri bawah (menggerakkan karakter ke pojok kiri kanan bawah)

    j2me-loader-age-of-empire-3-gameplay.jpg


    j2me-loader-age-of-empire-3-gameplay.jpg


    Jika kamu salah mengatur resolusi game di awal tadi resolusinya bisa diatur kembali dengan cara kembali ke daftar games, lalu klik dan tahan nama game, kemudian pilih opsi pengaturan.

    cara-mengatur-ulang-resolusi-games-j2me-loader.jpg


    Sesuaikan kembali resolusi yang diinginkan, lalu klik pada menu mulai untuk menjalankan game lagi.

    cara-setting-resolusi-game-j2me-loader.jpg


    Jika ingin keluar dari games, tekan menu titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih pengaturan umum dan klik keluar. Jika ada notifikasi pertanyaan tekan saja ya.

    cara-keluar-games-j2me-loader.jpg


    Baca juga : Cara memutar film dengan subtitle di android

    Sampai disini kalian sudah bisa memainkan game java di android, semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi semua gamer. Sekian artikel Trik menjalankan games java di android terima kasih dan sampai jumpa di trik tips selanjutnya.