cara-menggunakan-cosi-compression.jpg


Selamat idul fitri 1439 H

Cara konvert game psx dengan cosi compression, apakah kamu bingung ketika mendownload iso ps1 ternyata di dalamnya bukan format bin, img, ecm, ataupun iso? Melainkan berformat bin.data dan bin.mode, nah disini saya akan menjelaskan bagaimana cara memainkan iso psx yang berformat bin.data dan bin.mode.

Siapkan game psx yang akan dikonvert dengan cosi, sebagai contoh saya sudah download Pro Evolution Soccer 2 psx. Karena masih didalam arsip jadi harus diekstrak dulu, saya menggunakan Winrar di PC.

PES 2 PSX (13 MB).7z
Zippyshare | Tusfiles | Sendit


Klik 2x atau open iso dengan Winrar

cara-menggunakan-winrar-pc.jpg


Akan tampil semua file yang ada di dalam arsip, kemudian klik di gambar folder yang ada titik-titik. Tekan menu extract to dan pilih tempat ekstrak yang diinginkan tekan OK.

cara-menggunakan-winrar-komputer.jpg


CARA KONVERT ISO PSX BIN.DATA DAN BIN.MODE


Pertama kita membutuhkan sebuah program yang berukuran sangat kecil dan sederhana bernama "COSI Compression". Bagi yang belum punya silakan unduh di link bawah ini.

cosi-compression-logo.jpg

COSI.exe (40 KB)
Zippyshare | Tusfiles | Sendit

Setelah download kemudian kamu klik 2x cosi atau klik kanan dan run as administrator, tenang saja aplikasi ini tidak akan diinstall di komputer atau laptopmu melainkan hanya berjalan sebagai aplikasi portable.

Menu aplikasi cosi akan terbuka

cara-menggunakan-cosi-compression.jpg


Pada gambar di atas sudah saya tandai langkah-langkahnya dengan nomor satu dan dua dengan warna merah. Keterangan :

  1. Klik centang
  2. Menu browse/ cari file

Berikutnya kamu cari file game psx yang sudah di ekstrak tadi dengan format akhir bin.mode seperti gambar ini dan klik Open.

cara-menggunakan-cosi-exe.jpg


Untuk memulai konvert iso kamu klik menu yang sudah saya tandai warna merah pada gambar bawah dan tunggu proses dekompresi hingga selesai.

cara-dekompresi-iso-dengan-cosi.jpg


Jika proses sudah selesai dengan sempurna akan ada notifikasi dengan teks done seperti ini.

cara-dekompresi-dengan-cosi-exe.jpg


ISO game yang telah dikonvert akan berekstensi BIN dan ditaruh di tempat yang sama dengan file format bin.mode yang kamu pilih tadi.

cara-menggunakan-cosi-compression.jpg


Sampai sejauh ini kamu sudah berhasil mengkonvert file psx bin.data dan bin.mode dengan cosi, dan file yang baru tersebut bisa dipindahkan lalu dimainkan via emulator ps1 apa saja termasuk Epsxe dan FPSE android.

Apabila masih ada yang merasa kesulitan bisa ditanyakan detailnya pada admin via menu PM Facebook atau kirim pesan langsung ke halaman fan pages kami. Semoga bermanfaat.

Share ke sosmed bila berkenan, terima kasih